LAKSMAPASA (GUGUS DEPAN PRAMUKA SMAN 68 JAKARTA) IKUT “Creating Impact through Brand Positioning” di Kuala Lumpur

Pramuka Regional Asia-Pasifik  menyelenggarakan Lokakarya tentang “Creating Impact through Brand Positioning” di Kuala Lumpur, Malaysia tanggal 7-10 Mei 2018.

Ka Fuad, Ka Fawaz, dan Ka Exel sebagai alumni SMAN 68 Jakarta dan merupakan anggota LAKSMAPASA (gugus depan gerakan pramuka SMAN 68) mengikuti kegiatan Lokakarya tentang “Creating Impact through Brand Positioning” di Kuala Lumpur, Malaysia tanggal 7-10 Mei 2018.
Kegiatan pelatihan/ lokakarya ini membahas cara-cara pencapaian misi World Organization of Scout Movement (WOSM) dengan membahas penerapan strategi CSE ( Communication and Strategic Engagement ), juga prinsip Marrakech Charter dalam kerjasama dan kemitraan, serta bagaimana membangun dan menguatkan citra Pramuka melalui sbb:
– pengelolaan branding
– komunikasi global,
– program WOSM bertajuk Better World Framework yaitu melalui aksi-aksi kemanusiaan,
– pendekatan kepada pemangku kepentingan dan KOL (Key Opinion Leaders),
– media sosial maupun konvensional,
– kisah-kisah sukses Pramuka, serta
– riset tentang citra dan reputasi Gerakan Pramuka.

Dalam kegiatan pelatihan/lokakarya ini, saya menjadi salah satu dari 12 orang perwakilan Gerakan Pramuka Indonesia untuk menjadi peserta diantara negara-negara asia pasifik lainnya.

Lokakarya mengambil tema yang dipetik dari ajakan Bapak Pramuka Dunia, Baden Powell: Looking wider for greater influence and impact of Scouting – and telling our story.

Seusai mengikuti lokakarya, para peserta diharapkan mampu membantu organisaai Kepramukaan di negaranya (National Scout Organization/NSO) dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas program dan kegiatannya, dengan menerapkan prinsip dan strategi penguatan “Scouting Profile” atau citra Pramuka yang dapat memudahkan upaya merangkul (merekrut) dan mempertahankan (me-retensi) anggota Pramuka.

Tantangan Pramuka ke depan semakin besar. Karenanya dalam lokakarya tersebut juga akan dibahas penggunaan multimedia untuk penguatan organisasi, dan juga strategi komunikasi dalam membangun mitra kerja dengan pihak eksternal.

Demikian disampaikan, semoga berkenan….

Terima kasih…

Salam Pramuka.
Fuad Zaen

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *