PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SMAN 68 DENGAN AIOCBT MOODLE 14-23 MEI 2019

Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah serangkaian kegiatan evaluasi yang bertujuan untuk mengukur sejauh mana ketercapaian belajar para peserta didik selama satu tahun pelajaran. Pelaksanaannya di SMAN 68 Jakarta yaitu bertepatan dengan bulan Ramadhan tgl 14-23 Mei 2019.

SMAN 68 terus berupaya untuk menyongsong Revolusi Digital 4.0 melalui proses penilaian yang saat ini dilakukan secara digital. Dari kegiatan penilaian secara manual kini telah dilaksanakan dengan metode komputerisasi atau lebih kita kenal dengan CBT (Computer Based Test).

Menarik sekali bahwa dengan hadirnya aplikasi CBT ini maka proses penilaian menjadi lebih cepat dan efisien seperti mengurangi biaya penggandaan soal dan mempercepat koreksi hasil. Bahkan siswa sebagai peserta penilaian mempunyai pengalaman dalam Dunia TIK karena para peserta didik dituntut untuk dapat mensetting IP pada laptopnya sendiri.

Ada yang berbeda pada pelaksanaan PAT kali ini selain dengan jumlah peserta didiknya berkurang tanpa kelas XII, pelaksanaan PAT menggunakan model baru yaitu dengan AIOCBT Moodle.

Moodle CBT atau AIOCBT adalah sebuah program untuk menjalankan ujian berbasis komputer. Seperti ditegaskan oleh Bpk. Drs. Tolib, M.Pd (Wakil Kurikulum SMAN 68 ) bahwa PAT dengan Aplikasi AIOCBT Moodle ini akan lebih mendisiplinkan peserta didik untuk tidak membuka laman atau file lain. Berkat para Pejuang Digital 68 yaitu para proktor dan teknisi, PAT dengan AIOCBT moodle di SMAN 68 dapat berjalan lancar. Dan tentunya kesuksesan ini juga sangat didukung oleh partisipasi dan kerjasama para bapak dan Ibu guru sebagai Pengawas Ruang.

 

 

 

 

 

 

Bpk Sukma dan Ibu Marin sedang bertugas sebagai Proktor

 

 

 

 

 

 

Bu Romlah sebagai Pengawas Ruang menjaga kekondusifan pelaksanan PAT

Beberapa hal tentang Pelaksanan dengan aplikasi All in One CBT yaitu :

  • Dapat melanjutkan ujian ketika terjadi kendala teknis seperti komputer trouble, mati listrik, dsb. Pada moodle standar, apabila terjadi kendala teknis maka waktu akan habis dan peserta tidak bisa melanjutkan ujian.
  • Peserta yang masih login tidak bisa login lagi di tempat lain, wajib menghubungi proktor / admin untuk mereset status login.

Proktor ruangan bertugas untuk menginformasikan token, melakukan reset login, memantau status peserta, dsb. Setiap proktor mempunyai username masing-masing untuk melihat data siswa ruang masing-masing. Oleh karena itu aplikasi ini dikenal dengan nama All in One CBT (AIOCBT) dengan harapan bermanfaat bagi banyak orang, khususnya dunia pendidikan di Indonesia. Semoga SMAN 68 dapat terus meningkatkan potensi digital sehingga siap dalam menyongsong Revolusi digital 4.0.

Salam Digital dari Para Proktor dan Teknisi 68.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *